Senin , 21 Oktober 2019
Home / About US

About US

SEJARAH KELAHIRAN

LinkSatu.com adalah situs berita online yang lahir atas prakarsa sejumlah jurnalis yang pernah berkecimpun di beberapa media besar di Sulawesi Selatan. Link Satu lahir dari embrio Koran Satu, surat kabar yang diterbitkan pada pertengahan 2015. Kendati di awal kelahirannya terkesan hanya sebagai alternatif di tengah kompetisi situs-situs on line, namun kehadiran Link Satu memberi khasanah tersendiri bagi masyarakat pembaca.
Link Satu punya sejarah kelahiran yang panjang. Di tengah keterbatasan, kami menyimpang begitu banyak harapan untuk tampil memberi perbedaan. Kelahiran kami memiliki arti penting bagi dunia jurnalistik Tanah Air. Terutama karena adanya keperihatinan atas munculnya situs-situs berita yang tidak lagi mengedepankan mutu pemberitaan.
Respons khalayak atas berita-berita di situs on line begitu besar. Tetapi tidak berbanding lurus dengan informasi yang disajikan. Karena itulah kami hadir untuk memenuhi harapan-harapan publik. Semoga dari sejarah panjang dan semangat keperihatinan itu, Link Satu bisa memenuhi ruang-ruang kosong di hadapan pembaca.

MAKNA TAGLINE

LinkSatu.com hadir dengan tagline “Satu Bacaan Satu Rujukan”. Tagline ini juga punya sejarah panjang. Lahir dari semangat para pendirinya yang selalu ingin memenuhi rasa haus publik akan pentingnya informasi. Tagline ini adalah representasi atau bentuk penegasan atas “warna bendera” Link Satu yang mengedepankan akurasi, perimbangan, dan memegang teguh prinsip keadilan.
Tagline ini juga menjadi simbol bahwa kami tidak berafiliasi dengan pemerintah atau partai politik manapun. Suara yang kami bawa adalah suara dari publik. Kami adalah corong rakyat. Karena itulah Link Satu senantiasa berdiri independen dan berani, tapi sangat konstruktif dalam kritik. Berpegang teguh pada kaidah-kaidah jurnalistik yang profesional adalah khitah kami.

GAYA PENULISAN

Link Satu bukan yang pertama tetapi sedikit dari segelintir yang tampil dengan gaya bahasa yang lugas. Kami mengembangkan aliran penulisan deskripsi yang mengedepankan fakta-fakta empiris. Gaya bertutur kami lebih sederhana. Dekat dengan kultur masyarakat Sulsel, tetapi selalu tampil dengan ulasan yang dalam, mencerdaskan dan mencerahkan.

Gaya penulisan deskripsi kami kembangkan karena inilah yang banyak dipakai sebagai rujukan dalam mengukur mutu sebuah perusahaan media. Penulisan deskripsi menjadi respresentasi modernisasi jurnalistik. Gaya penulisan ini dipakai untuk memuaskan kebutuhan pembaca akan informasi.

SEGMENTASI

Link Satu adalah situs berita umum. Berkedudukan di Makassar dengan menyasar kelompok masyarakat menengah ke atas. Memperjuangkan kalangan bawah dan kaum marginal. Kami fokus mengupas persoalan-persoalan politik, sosial, hukum, kriminalitas dan juga gaya hidup. Di segmen ekonomi, kami menyajikan ulasan berita tentang investasi, keuangan, properti, pasar, industri kecil, rumah tangga dan berbagai hal yang bersentuhan dengan ekonomi kreatif. Secara spesifik, kami juga menyajikan berita mengenai perkembangan teknologi informasi dan otomotif.

Di segmen politik, Link Satu mengupas isu politik nasional dengan lokal konten yang kuat. Menghadirkan secara aktual isu politik dari berbagai daerah di Sulsel dan Sulawesi Barat, termasuk pemilihan kepala daerah serentak. Di sini kami beri ruang khusus bagi para politisi untuk menyampaikan argumentasi tentang persoalan politik, sosial dan berbagai hal yang terjadi di masyarakat Sulsel.

Sebagai situs berita lokal Link Satu menekankan pada kekuatan konten-konten lokal. Tak lupa menampilkan rubrik gaya hidup dan tren masyarakat metropolitan. Berita kami juga 100 persen mengangkat potensi-potensi lokal. Kami menyasar seluruh sendi kehidupan masyarakat kota Makassar dan 23 kabupaten dan kota lainnya di Sulsel. Pembaca kami menyentuh semua level, mulai dari birokrat, politisi, pengusaha, perguruan tinggi, pelajar dan kelompok ekonomi kreatif. Link Satu juga senantiasa memosisikan diri sebagai pembawa suara kaum marginal.