Minggu , 5 April 2020
Home / HEADLINE / Inhutani Bantah Penebangan Hutan Lindung di Gowa: Silakan Lihat Lokasi

Inhutani Bantah Penebangan Hutan Lindung di Gowa: Silakan Lihat Lokasi

MAKASSAR – PT Inhutani membantah telah melakukan penebangan hutan secara liar di kawasan hutan lindung di Gowa dan Maros. Perusahaan ini mengklaim penebangan dilakukan pada areal hutan industri.

“Kami melakukan penebangan pada areal hutan industri. Itu sesuai dengan ketentuan hukum. Kami mengantongi izin,” terang K Tarigan, Kepala PT Inhutani I UMHT Gowa kepada wartawan, Selasa (25/2/2020).

Menurut K Tarigan, kehadiran PT Inhutani di Gowa dan Maros itu bermula dari keputusan Pemerintah untuk memback up bahan baku Pabrik Kertas Gowa ( PKG ) saat itu. Ia menuturkan, waktu itu PKG kolaps sehingga PT Inhutani sempat vakum.

Inhutani baru beroperasi kembali setelah keluar izin dari Kementerian Kehutanan bernomor 607 tahun 2012 dengan nama Luas lahan UPHHKHTI. Kemudian oleh Gubernur Sulsel menerbitkan Rencana Kerja Tahunan (RKT ) sehingga dasar hukum PT Inhutani mengelola hutan industri sangat jelas..urainya.

K Tarigan menambahkan,  luas lahan yang dikelola PT Inhutani di  Gowa dan Maros seluas 18.350 Ha. Selain melakukan penebangan di kawasan hutan industri, PT Inhutani juga kembali melakukan penanaman di atas lahan yang sudah dikelola.

“Kami undang semua pihak khususnya rekan media untuk terjun ke lokasi, kami sedang melakukan penanaman di desa Belapungranga dan kelurahan Lanna untuk Gowa sehingga peremajaan area kembali terjadi,” ujarnya.

Sebelumnya, beberapa LSM sempat mengecam aktivitas PT Inhutani yang diduga melakukan aktivitas di area hutan lindung. Aktivitas penebangan itu dinilai berpotensi memicu kerusakan lingkungan di Gowa.

Rumor ini kemudian ditanggapi dengan tegas oleh PT Inhutani.

“Silakan ke lapangan agar isu dan fakta bisa disandingkan,” ungkap Tarigan. (Yos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *