Jumat , 13 Desember 2019
Home / MAKASSAR / Urus Izin Simpel Bisa Dongkrak Iklim Investasi

Urus Izin Simpel Bisa Dongkrak Iklim Investasi

MAKASSAR – Dunia usaha mendorong pemerintah mempermudah urusan birokrasi perizinan. Izin-izin yang simpel dipercaya bisa mendongkrak iklim invetasi.

“Kalau sistem perizinannya simpel, tidak berbelit-belit, akan memengaruhi dunia usaha. Dengan hadirnya PTSP Bintang Lima, kita harapkan perizinan membaik,” jelas Amanda Hamid, pengusaha Makassar, 12 Mei 2019.

Menurut Amanda, ada beberapa persoalan terkait soal perizinan yang belum bisa optimal dilakukan. Pertama, pola pikir aparatur dan kedua kemampuan mengintegrasikan SDM dengan sarana tekonologi.

“Masih banyak aparat yang punya budaya mempersulit. Kadang izin bisa dipermudah birokrasinya, malah dipersulit,” jelasnya.

Kedua, kemampuan mengikuti arus teknologi belum sepenuhnya mampu diterapkan. Sehingga sistem manual masih lebih dominan.

Amanda mengaku salut dengan terobosan Pemkot Makassar yang menerapkan perizinan terpadu di Dinas PM PTSP. Pelayanan di PTSP menurutnya sekarang jauh lebih baik.

“Kita harapkan ini terus diperbaiki. Ini harus karena menjadi tuntutan publik. Soal izin menentukan arah kemajuan ekonomi Makassar,” kunci Amanda. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *