Rabu , 23 Oktober 2019
Home / MAKASSAR / Atasi Gepeng Anjal dan Pengemis, Dinsos Makassar Maksimalkan TRC Saribattang

Atasi Gepeng Anjal dan Pengemis, Dinsos Makassar Maksimalkan TRC Saribattang

MAKASSAR – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar memaksimalkan kinerja Tim Reaksi Cepat (TRC) Saribattang dalam hal penanganan anak jalanan, gepeng dan pengemis yang berkeliaran di Kota Makassar.

Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Dr. H. Mukhtar Tahir, M.Pd yang dikonfirmasi mengatakan, bahwa belakangan terakhir TRC Saribattang makin intens melakukan patroli, khususnya di daerah yang seringkali ditemukan berkumpulnya anjal, gepeng dan pengemis.

“Jadi kerja-kerja di Dinas Sosial untuk Pemerintah Kota adalah bagaimana secara rutin tim SARIBATTANG itu turun ke jalan dengan membagi tim untuk ikut di dalam patroli,” kata Mukhtar, Jumat (30/8/2019).

Mukhtar mengungkapkan bahwa, bahwa hal ini juga dilakukan untuk memberikan kenyamanan hidup masyarakat yang ada di Kota Makassar. Apalagi, pihaknya sering kali menerima keluhan dari masyarakat.

“Ini untuk meminimalisasi segala bentuk-bentuk Anjal, Gepeng dan pengamen yang ada di ruas-ruas jalan yang tidak memberikan kenyamanan hidup kepada masyarakat yang ada di Kota Makassar,” ungkap dia.

Selain melakukan patroli, Dinsos melalui TRC SARIBATTANG juga melakukan pemantauan lewat forum dan melibatkan partisipasi masyakat dengan layanan call center.

“Jadi tiga poin itu, patroli, call canter serta pamantauan lewat forum adalag pokok kerja TRC Saribattang. Dengan cara-cara ini kita harap bisa menangani anjal, gepeng dan pengemis secara bertahap,” ungkap dia.

Seperti kamis kemarin misalnya, TRC SARIBATTANG melakukan patroli setelah mendapat informasi dan keluhan masyarakat. Setelah berhasil merazia Anjal, gepeng maupun pengemis, Dinsos melakukan pembinaan dan assesment.

“Kita lakukan assesment. Setelah terjaring kita bawa ke sini, lalu dimintai keterangan. Kita juga gali harapan-harapan hidupnya. Bahkan ada yanv kita rawat. Sampai di sini kita cukur, kita mandikan dan diberi pembinaan,” ungkapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *