Jumat , 13 Desember 2019
Home / POLITIK / Analisis Politik: Nasdem tak Mungkin Usung Nonkader

Analisis Politik: Nasdem tak Mungkin Usung Nonkader

MAKASSAR – Partai Nasdem kemungkinan sangat kecil mengusung calon wali kota nonkader di Pilwalkot Makassar. Bermodal enam kursi di DPRD, Nasdem “PD” mematok kursi 01.

“Untuk mengusung nonkader sangat kecil peluangnya. Masalahnya Nasdem punya kader dengan elektabilitas kompetitif, seperti Danny (Moh Ramdhan Pomanto) atau Cicu (Rachmatika Dewi),” terang analis politik Rumah Demokrasi Untuk Rakyat, Juanda H Alim kepada Liputnews.com, Senin (14/10/2019).

Juanda memberi beberapa komposisi yang mungkin bisa terjadi. Pertama, Nasdem hanya akan mengerucut pada dua nama cawalkot, yakni Danny dan Cicu.

Kedua, Nasdem tidak akan memburu koalisi gemuk. Karena ia hanya membutuhkan 4 kursi tambahan untuk bisa mengusung pasangan calon.

“Sekarang kan Nasdem punya 6 kursi di DPRD Makassar. Kalau misalnya bisa menggaet PDIP itu sudah lebih dari cukup, karena PDIP juga punya 6 kursi,” terang Juanda.

Sekarang pilihannya sebenarnya pada figur tadi, Danny atau Cicu. Siapa yang jadi pilihan Nasdem dan akan dipaketkan dengan siapa?

“Nah, ini yang jadi problem nanti. Karena dua-duanya kompetitif. Elektabilitas Danny masih di atas dari Cicu. Tapi tren Cicu bagus. Suaranya masih mungkin melaju,” jelasnya.

Juanda menganalisis, di Nasdem, Danny tetap menjadi prioritas. Karena figur-figur lain yang memiliki elektabilitas tinggi, sangat kecil kemungkinannya diakomodir Nasdem.

Seperti misalnya, Munafri Arifuddin (Appi). Kata Juanda, Appi tak bisa tawar menawar, dia menargetkan kursi 01.

“Tidak mungkin Appi mau 02. Jadi nda mungkin diusung Nasdem. Karena di sana ada Danny,” paparnya.

Selanjutnya, figur lain seperti Syamsu Rizal (Ical). Posisinya juga kurang lebih sama dengan Appi.

“Ical saya rasa mustahil juga ke Nasdem. Karena di Golkar dia berpeluang besar diusung. Dari 15 nama yang diajukan ke DPP, elektabilitas Ical tertinggi,” sambung Juanda.

Diluar dua nama ini, Ical dan Appi, tidak ada figur lain yang menjadi lawan sepadan Danny. Sehingga ini menggambarkan bahwa Nasdem kemungkinan kecil mengusung nonkader.

“Sebenarnya sudah mengerucut ke Danny. Resistensinya besar kalau Nasdem tak usung Danny, karena pasti sudah menunggu koalisi di belakangnya yang siap menampung Danny,” katanya.

Kalau itu terjadi kata Juanda, Nasdem bisa rawan.

Nasdem saat ini sisa memburu partai koalisi untuk menggenapkan syarat usungan, yakni 10 kursi. Kedua, Nasdem tinggal mencari figur yang pas untuk mendampingi Danny atau Cicu. (mal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *